Offshore and Onshore Glossary Terms

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ




Hi Engineer, this is my previous post in other blog. i wanna move in this blog, because since i have separated post for engineering concern in this blog. tribute to link about glossary offshore and onshore whose Anthony Thomas first post. you can click  click source of this term, i make it simple and ease to understand in Indonesian. There are common term that generally using in ocean engineering. if there will be a new term, then I will add to this post. there may be a difference of meaning or terms, please in the commentary, could be a discussion for anyone. : D.




-A-

Accumulator: Sebuah Pressure Vessel (Bejana Tekan) diisi dengan gas nitrogen dan digunakan untuk menyimpan cairan Under pressure hydraulic  untuk operasi aktuator katup hidrolik.  
Actuator: Sebuah alat mekanis atau remote otomatis pada perngoprasian dari Valve atau Choke.
Annulus: Jarak ruang antara tiap concentric casing string
Associated gas:  penemuan gas secara alami terjadi pada sumber (reservoir) minyak. terkadang kondisi terlarut dengan minyak, atau ditemukan tidak bercampur di atas permukaan minyak
Azimuthing thruster: Sebuah Propeller  yang terletak di beberapa bagian kapal, fungsinya adalah sebagai dynamic positioning system, memungkinkan sebuah kapal tidak berpindah dari satu koordinat ke koordinat yang lain tanpa menggunakan mooring

-B-

Blowout: Suatu kejadian dimana fluida di sumur tidak dapat terkontrol (menyembur keluar), dari sumur bor selama proses drilling
Contoh Blow Out
Bell Nipple: Suatu alat yang terletak di atas blowout preventer atau diatas drilling riser yang secara langsung mencegah lumpur hasil pengeboran kembali ke lubang sumur.
BOP: Suatu alat yang ditempatkan pada Head Casing selama operasi pengeboran berguna untuk menyegel dan membatasi cairan yang masuk ke sumur bor.
Brownfield: Sebuah fasilitas offshore dan onshore yang telah ada (existing), misalnya 'brownfield modification' adalah meng-upgrade fasilitas yang telah ada.
Bubble point: Suatu titik yang mana gas terlarut mulai menguap dari cairan. Tergantung pada suhu, tekanan dan gas / komposisi cairan.

-C-

Caisson: Sebuah pipa memancang secara vertikal ke bawah laut dari sebuah offshore facility. Berfungsi sebagai sarana pembuangan limbah, atau untuk lokasi pompa air laut
Casing: Pipa sebagai Line dan menutup sumur, melindungi sumur dari kejadian yang tidak di inginkan pada lubang pengeboran. 
Cathodic protection: Sebuah Sistem proteksi terhadap korosi yang terbuat dari anoda buatan atau menyalurkan aliran listrik untuk memproteksi sebuah struktur baja di area kandungan elektrolit tinggi


Contoh Cristmas tree


Clean Fuel: Bahan bakar yang termodifikasi seperti pada combustion, yang memproduksi emisi rendah
Condensate: Sebuah bentuk cairan yang terdiri dari faksi Hidrokarbon berat yang mengembun dari fase gas, saat meninggalkan sumur, merupakan campuran pentana dan hidrokarbon yang lebih tinggi
Conductor: Pipa diameter pertama dan terbesar yang akan dimasukkan (spud) ke dasar laut saat pengeboran sumur. Itu membuat lubang terbuka, menyediakan sebuah bagian kembali untuk lumpur pengeboran dan mendukung string casing berikutnya. 
Choke: Sebuah alat berbentuk seperti Valve dengan kondisi yang fixed atau terdapat perlengkapan yang khusu berfungsi sebagai mengatur aliran fluida .
Christmas tree: Sebuah gabungan (rakitan) Valve yang di tempatkan pada kepala sumur dan berfungsi untuk mengontrol produksi dari tiap sumur.
Crossover: Sebuah Item yang berguna untuk menyambung satu bagian komponen ke komponen lainya yang berbeda ukuran, baik Thread (ulir) maupun type tekananya. 


-D-

Decommissioning:  Sebuah proses untuk me-remove sebuah pabrik atau plant atau mengambil salah satu bagian peralatan dari operational state.

Debottlenecking: Proses untuk meningkatkan kapasitas produksi dari existing facility melalui modifikasi dari peralatan existing untuk menghapus batasan yang ada.
Dew point: Suhu ketika cairan yang terkondensasi dari gas.


Contoh Penggunaan Dynamic Positioning System (DPS)

Downstream - Sebuah Proses, Refining dan distribusi oil&gas. biasanya prosesnya dekat dengan konsumen.
Duster: Proses pengeringan sumur yang di bor selama exploration.
Dynamic positioning: Satellite monitoring system (Sistem monitor Satelit) berfungsi untuk mengkontrol sebuah thruster propeller untuk memberitahukan dan memperbaiki posisi lokasi kapal tanpa adanya jangkar.

-E-

Emergency shutdown valve (ESDV): Sebuah alat mirip Valve yang otomatis terbuka secara normal,  biasa di gunakan untuk melindungi pipline bawah laut


Contoh ESDV

Enhanced oil recovery: Digunakan untuk membantu dalam ekstraksi minyak baik dengan memasang peralatan ke dalam tabung produksi atau dengan menyuntikkan air atau gas ke dalam reservoir.

-F-

Front End Engineering Design (FEED): Sebuah Tahapan dalam desain, antara evaluasi konsep dan detail desain pada satu konsep dari beberapa konsep yang di pilih. satu konsep tersebut di kembangkan dan diambil langkah yang paling optimum. keluaran dari FEED termasuk estimasi dari total waktu pengerjaan dan  harga dari sebuah pekerjaan.
Fire loop: Sebuah kontrol pneumatik baris yang berisi sensor elemen temperatur (fusible plugs, synthetic tubing, etc)  yang, ketika diaktifkan, akan memulai shutdown Platform.
Fiscal metering: Ukuran rata aliran Oil, Gas atau kondensat untuk tujuan legalitas (pajak).
Flare stack: Sebuah tower dari pipa di gunakan untuk membuang dan membakar gas sisa.
Flash drum: Pressure vessel (Bejana tekan) digunakan untuk mengatur tekanan menjadi rendah dari oil atau cairan yang lain yang terlibat dengan kegiatan proses produksi guna mendorong penguapan gas terlarut.
Flowline: Pipa yang teraliri cairan  secara langsung dari kepala sumur ke manifold atau bejana tekan pertama.
Fluid: Istilah umum yang berarti Gas, uap dan cairan atau kombinasi (gabungan) dari ketiganya.


Contoh FPSO

Floating Production, Storage and Offloading Vessel (FPSO): Sebuah sistem tanki yang mengapung. di desain untuk menerima oil dan gas. Diproduksi dari platform terdekatnya. dan di proses dan di simpan ke tanki penyimpanan sampai dapat di pindahkan, atau di kirim melalui Pipeline. FPSO secara umum digunakan di perairan dalam dan sering di sebut dalam bagian dari subsea facilities.

-G-

Grout: Campuran antara semen dan air (tanpa pasir) digunakan untuk mengamankan dan melindungi  sperti pada piles dan jacket legs.

Greenfield: Sebuah ladang baru, dan pengembanganya membutuhkan fasilitas baru, baik offshore dan onshore .

Grillage: Sebuah dudukan struktur jacket dan pile, berupa beam. Biasa di gunakan di Barge pada saat load out.

-H-

Header: Suatu bagian dari manifold yang fluidanya secara langsung dari sumur lalu menuju ke sistem yang lebih spesifik.
Hydrate: bentuk yang Solid, seperti senyawa es terdiri dari molekul air dan gas hidrokarbon.
Hydrocylone: Alat pemisah yang memanfaatkan prinsip sentrifugal untuk menghilangkan minyak dari air, atau sebagai multicyclone untuk menghilangkan cairan dan solid dari gas uap.
Heat affected zone (HAZ): Sebuah bagian dari struktur metal yang tidak dapat meleleh. tetapi secara mechanical properties atau micro structure telah di ubah oleh panas selama proses pengelasan.

Hot Tapping : Sebuah Metode baru dalam penyambungan pipa (Tie in) tanpa harus menghentikan aliran di dalam pipa, efisien dan menghemat waktu kerja. 






-I-

Intrinsically safe: Peralatan Electrical yang tidak dapat menyala atau menghantar nyala oleh gas yang mudah terbakar atau material mudah terbakar.
Installation: Suatu istilah yang telah fixed (tetap) atau mobile (dapat bergerak) dan digunakan secara langsung maupun tidak langsung untuk tujuan eksplorasi atau memproduksi sumber mineral.
Installation, fixed: Sebuah fixed offshore Structure terlibat dalam produksi baik oil atau gas yang di bangun dari baja maupun beton.

-J-

Jacket: Sebuah Support rangka baja di gunakan untuk menyanggah (men-support) sebuah Platform bangunan atas.
J-T valve: Katup throttle digunakan untuk mengurangi tekanan dan suhu aliran gas, terkait, dengan proses penghapusan NGL.


-K-

Knock out: Penghilangan cairan dari uap gas di dalam bejana tekan.

-L-

Lower explosive limit (LEL): Adalah konsentrasi terendah dari volume gas yang mudah terbakar dalam campuran udara yang dapat di nyalakan pada kondisi suhu ruangan normal.
LNG: Liquid Natural Gas. Gas dalam suhu dan tekanan ambient, akan tetapi di buat menjadi tahap cairan pada suhu terendah untuk di simpan dan di transportasikan dalam kapal yang ter-isolated.
LNG Regasification - Suatu Proses dimana LNG di panaskan kembali pada suhu ambient dan di rubah menjadi gas.
LPG: Liquefied petroleum gas, Bahan pembentuk dasarnya adalah  propane dan butane di buat dalam tahap cair dibawah tekanan untuk di simpan dan di transportasikan.

Lifting-lug : Suatu alat biasanya telah terpasang pada bagian struktur tertentu, dengan bentuk pelat tebal dan berlubang  yang berfungsi untuk pengangkatan (lifting) dan pemindahan dalam rangkaian pekerjaan instalasi. Lifting Lug biasanya istilah pada pekerjaan proses, instalasi tangki, pressure vessel dan pekerjaan onshore secara umum. 



-M-

Manifold: Suatu rangkaian pipa, Valve dan Fittings yang mana media fluidanya berasal dari satu atau lebih sumber secara selektif di alirkan ke sistem proses.
Marine drilling riser: Pipa panjang dari  blowout preventer dasar laut untuk tujuan drilling rig di atas permukaan laut. untuk mengijinkan kembalinya lumpur pengeboran
Microwave: Siste Komunikasi Radio Frekuensi tinggi  di desain untuk membawa informasi antara titik satu dengan titik lainya terhubung oleh sight transmission.
Midstream: Aktifitas industri yang berkenaan antara eksplorasi dan produksi (Upstream) dan refining  dan marketing (downstream). Biasanya merefer ke penyimpanan dan transportasi dari Oil dan Gas, akan tetapi beberapa hal memperlihatkan lebih jauh dari proses oil dan gas dari fasilitas proses upstream untuk penyimpanan dan transportasi LNG .
Mobile installation: Salah satu yang dapat di pindahkan dari satu tempat ke tempat lainya tanpa banyak pembongkaran atau perubahOne which can be moved from place to place without major or modification.
Module: Self-contained liftable package berbentuk bagian dari fasilitas topside pada instalasi bangunan lepas pantai. berupa accomodation module, compressor module, drilling module dan lain sebagainya.
Multiphase: Cara  mengalirkan cairan tidak steril (minyak dengan kandungan gas yang tinggi) dalam pipa tunggal dengan meningkatkan tekanan untuk mencegah penguapan dari gas terlarut.

Mudline: Seabed (dasar laut)

-N-

Natural gas: Gas Hidrokarbon yang terjadi secara natural dari sumber bawah tanah baik di onshore maupun di offshore.
NGL: Natural gas liquids, sebuah campuran hidrokarbon cair. yang di dalamnya termasuk butana dan etana dari gas alam. dihasilkan dari  condensate reservoirs tapi lebih banyak kemungkinan di produksi sebagai hasil samping dari produk minyak.
Nipple: Sebuah bagian pipa dilas berulir atau soket yang digunakan sebagai alat-alat yang kurang dari 12 inci panjangnya. Sering digunakan untuk menggambarkan setiap panjang pendek pipa.
Nozzle: Sebuah Flanges inlet maupun outlet yang terpasang pada bejana tekan.


-O-

Offshore : Bangunan atau struktur yang di bangun di atas laut dengan kedalaman tertentu sebagai penopang kegiatan proses eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan Gas Bumi.



Onshore : Bangunan atau struktur yang di bangun di daratan dengan sebagai penopang kegiatan proses eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan Gas Bumi.

-P-

Packer: Suatu alat untuk melindungi satu casing dengan yang lainya dari kebocoran.
Pedestal: Sebuah bangunan vertikal berbentuk tabung berdiameter besar yang menjadi sebuah penyangga dari bangunan diatanya semisal crane.
Pig: Suatu alat berbentuk Spherical yang di masukkan kedalam Gas Pipeline di bawah laut untuk membersihkan karat yang mengendap, maupun cairan kondensat selama proses produksi. Dapat juga digunakan untuk membersihkan oil Pipelines dari lilin. dan termasuk peralatan modern yand dapat mengukur dan meng inpeksi peralatan produksi.
Besok akan di Update kembali :D
Pig trap: Sebuah ruangan bertekanan yang memungkinkan masuknya atau menghilangkanya peralatan di dalam subsea pipeline , biasanya sebuag pig .

Pipeline: Pipa biasanya untuk mengangkut fluida antar anjungan (platform) atau anjungan (platform) ke fasilitas produksi.
Pipe spool: Sebuah gambar berupa pajang pipa dengan flange di akhirnya.

Platform, lepas pantai : Sebuah struktur lepas pantai tetap (fixed) terlibat dalam produksi minyak atau gas yang dapat terbuat dari baja atau beton. Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu instalasi lepas pantai.

Pressure vessel: Bejana Tekan. Container, biasanya berbentuk silinder yang digunakan untuk mengendalikan tekanan internal atau eksternal kadang-kadang.

Produced water: Air yang dibuang dari  Formasi air. diambil dari minyak dan gas pada proses bejana tekan.

Production separator : Proses  utama dalam bejana yang digunakan terutama untuk pemisahan gas, minyak (kondensat ) dan air.

Production tubing : Pipa yang digunakan dalam sumur untuk menghubungka cairan dari the producing formation ke The Christmas tree. Berbeda dengan casing, pipa tersebut dirancang untuk diganti selama sumur masih digunakan, jika diperlukan.

Purge: Mempertahankan aliran gas dalam konsentrasi lebih besar ke konsentrasi yang leibh sedikit sehingga untuk menghindari penumpukan oksigen dan campuran eksplosif.


-Q-

Quality assurance: Sebuah urutan tindakan terencana dan sistematik yang diperlukan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa suatu produk atau jasa akan memenuhi persyaratan kualitas.

Quality control: Teknik-teknik operasional dan kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa kualitas produk atau jasa akan diproduksi.

-R-

Rig: Sebuah istilah biasanya terkait dengan peralatan pemboran, yaitu rig pengeboran. Juga istilah slang yang digunakan secara luas untuk menggambarkan setiap struktur dan pembuluh terkait dengan minyak dan gas eksplorasi dan produksi.
Riser: Bagian vertikal dari pipa bawah laut (termasuk tikungan bawah) tiba di atau berangkat dari platform.
Rock dumping: Endapan batuan ke pipa bawah laut untuk memberikan perlindungan terhadap jangkar dan jaring nelayan saat mengubur pipa tidak praktis. Batu dan kerikil juga mungkin dibuang di sekitar kepala sumur subsea dan kaki jaket untuk memperbaiki menjelajahi kerusakan.

-S-

Seismic survey: Penggunaan artifisial dihasilkan gelombang suara untuk menentukan jenis formasi batuan di bawah tanah atau di bawah dasar laut dengan memantau sinyal gelombang suara yang dipantulkan.
Scour: Penggerusan dasar laut di sekitar jaket, subsea wellhead atau pipa dengan diakibatkan pasang surut.
Scrubber: Bejana tekan  berisi peralatan yang dirancang untuk menghapus atau menggosok cairan dari aliran gas.

Seafastening : Sebuah pengikat struktur berupa brace atau pipa silinder digunakan pada saat transportasi struktur maupun top side dari fabrikasi ke lokasi instalasi 
Shuttle tanker: Kapal tanker minyak berukuran sedang digunakan untuk mengangkut minyak dari kapal yang lebih besar ke pelabuhan.
Skid: Kerangka baja yang digunakan untuk menampung peralatan, dapat diangkut.

Skid Beam: Berupa sebuah Beam biasanya double web, sebagai tumpuan utama struktur jacket saat load out
Stress corrosion cracking: Retak yang dihasilkan dari kombinasi stres dan korosi.
Slew ring bearing: Bola besar atau bantalan rol yang menghubungkan crane untuk alas dan rotasi izin.
Sling : Sebuah tali pengikat biasa terbuat dari baja yang di ulir dengan ketebalan dan ukuran tertentu. digunakan untuk mengangkat alat berat dengan kapasitas ton yang besar
Slug: Akumulasi air (mungkin juga pasir atau kondensat) di pipa gas.
Spudding: Suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan penyisipan konduktor ke dasar laut saat mengebor sumur. Juga dapat digunakan untuk menggambarkan proses pengaturan kaki jack-up ke dasar laut.
Stinger: Tubular rangka baja (support) melekat pada batang tongkang pipelay untuk mengontrol bending pipa karena memasuki air.
Stripping: Penghapusan atau penggantian pipa bor atau string tubing dari sumur di bawah tekanan menggunakan BOP stripping.
Stripping Gas – Gas, biasanya gas proses yang digunakan untuk membantu dalam pemurnian cairan dengan mengurangi tekanan parsial gas terkontaminasi untuk mendorong penguapan.
Swabbing: Penurunan tekanan hidrostatik dalam lubang karena gerakan ke atas dari pipa bor dan / atau alat. Juga penggunaan peralatan wireline untuk membersihkan sumur dengan menyendoki keluar cairan.
Sulphide stress cracking: Cracking bahan logam karena paparan cairan yang mengandung hidrogen sulfida.
Subsea Tiebacks: Sebuah metode menghubungkan penemuan baru untuk fasilitas produksi yang ada, meningkatkan ekonomi lepas pantai produksi minyak & gas.

-T-

Telemetry:  Sistem untuk pengumpulan, Penyusunan dan transformasi ke sumber yang remote area dengan menggunakan radio, satelit, serat optik maupun kabel. telemetry ini juga terkait dengan proses mengontrol peralatan jarak jauh

Throttle: Pengaturan aliran fluida oleh Valve atau fixed Orifice

Tie In : Sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menyambungkan pipa. dari secondary pipe ke primary pipe. Biasanya Tie in memerlukan penghentian sistem aliran di dalam pipa.

Topsides: Bagian atas dari fixed installation maupun floating Installation yang terdiri dari deck, accomodation, dan process equipment, compressor module, production module dan lain sebagainya.

Post a Comment

0 Comments